Ufi Hauzaan Al-Farrozii INFORMATICS LECTURES: USAHA JASA PENGETIKAN

SELAMAT DATANG

Informatics Lecture adalah sebuah blog sederhana yang didedikasikan untuk kepentingan pendidikan khususnya dalam Dunia Informatika

Jumat, 09 November 2012

USAHA JASA PENGETIKAN


Kebutuhan pengetikan dokumen terjadi hampir setiap hari dan tidak semua orang memiliki komputer untuk menyelesaikan tugas kantor ataupun kuliahnya tersebut. Selain itu tidak semua orang punya cukup waktu untuk menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Untuk menyiasati itu, jasa pengetikan merupakan salah satu alternatif untuk menyelesaikan tugasnya tersebut. Nah, untuk yang punya waktu luang, hal ini merupakan peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Dengan modal yang tidak terlalu besar bisa memperoleh keuntungan yang cukup lumayan.

Sebelum memulai usaha sebaiknya menentukan sasaran dari jasa tersebut karena jika sudah ditentukan maka tahap selanjutnya adalah mencari lokasi strategis.misalnya dekat sekolah atau kampus.
Setiap usaha jasa,kepuasan pelanggan adalah yang utama. Karena itu pelayan yang diberikan haruslah bisa memuaskan pelanggan . Beberapa trik yang dilakukan pelaku usaha ini untuk mempertahankan pelanggannya antara lain ;

Menawarkan jasa antar jemput, artinya bahan ketikan diambil dan diantar setelah selesai,sehingga pelanggan yang tak punya banyak waktu tak perlu mengantar dan mengambil sendiri ketikannya. Untuk pelayanan ini anda boleh mengenakan biaya tambahan .

Menjaga kualitas : hasil yang rapi, teliti dan cepat selesai membuat pelangan tak segan untuk kembali lagi . bukan tidak mungkin juga akan merekomendasikan kepada teman ataupun kerabatnya.
Harga yang terjangkau tapi tetap kompetitif. Penetapan harga disesuaikan dengan harga pasaran. Kalaupun sedikit dibawah harga pasar sah-sah saja selama tidak terlalu rendah.
Promosi yang berkesinambungan, pada awal usaha memeng diperlukan promosi yang gencar untuk menarik pelanggan. Tapi setelah usaha berjalan tak ada salahnya tetap melakukan promosi, gunanya untuk mempertahankan dan menambah pelanggan. Misalnya saja diskon untuk pengetikan dalam jumlah tertentu.

Berikut ini analisis keuntungan yang bisa dipakai sebagai acuan untuk memulai usaha pengetikan. Tentunya harga dan biaya lainnya disesuaikan dengan domisili anda.

Analisis keuntungan usaha

a.        investasi awal
   1 set komputer                                                                                    Rp.3.500.000
   1 set printer                                                                                         Rp.   650.000
   1unit scanner                                                                                       Rp.   500.000 
                                                                                                             Rp.4.650.000

b.       biaya operasional per bulan
    listrik,telpon                                                                                       Rp. 100.000
    Kertas, tinta                                                                                       Rp. 350.000
                                                                                                              Rp.450.000
c.        pendapatan dan keuntungan
   asumsi :
   per hari 30 lembar x @Rp. 1500          Rp.45.000
   per bulan Rp.45.000 x  30 hari             Rp.1.350.000

Keuntungan = hasil pendapatan – biaya operasional
                       = 1.350.000 – 450.000
                       = 900.000

Dari analisa diatas dapat dilihat bahwa usaha ini cukup menguntungkan dan prospeknya cukup cerah. Bagi yang sudah menjalankan usaha ini, bisa memperluas usahanya dengan menerima cetak foto hari HP.

1 komentar:

  1. Sangat menjanjikan, namun harus bisa mengetik cepat, itu bisanya kendalanya kebanyakan orang

    BalasHapus